Total Pageviews

Monday, May 23, 2011

Bagaimana cara seseorang profesional memulai di bidang sales??


Bagi orang yang berkecimpung dalam bidang direct sales banyak sekali poin-poin penting yang perlu di perhatikan sebelum melakukan penjualan, dimana salah satunya adalah menetukan target market (Calon nasabah) yang tepat. Kesalahan dalam mengidentifikasikan target market yang tidak tepat dapat mengakibatkan seorang direct sales tidak mencapai nilai penjulan yang diinginkan atau bisa terjadi kegagalan dalam melakukan penjualan. Oleh karena itu seorang direct sales dituntut kemampuannya untuk dapat menentuan kriteria target market yang sesuai dengan kebutuhan dia. Penentuan ini meliputi bebrapa aspek seperti tipe market, segmen market, demografi, dan psikografi.

Pertanyaan dasar yang menjadi kendala utama

Bagi yang memulai karirnya sebagai direct sales pasti akan banyak sekali pertanyaan yang muncul didalam pikiran sehingga memberikan dampak keraguan dan ketakutan akan gagalnya seorang direct sales dalam memulai karirnya. Apabila seluruh pertanyaan tersebut bisa kita golongkan menjadi sebuah pertanyaan mendasar, maka kita akan menemukan dua pertanyaan utama yang selalu membuat kita khawatir. Pertanyaan mendasar yang sering kita temui dalam memulai karir kita sebagai direct sales adalah :

· -Saya tau betul target market saya, tapi saya tidak tau apa kebutuhan mereka?

· -Saya tau apa yang saya jual tapi saya tidak tau kepada siapa saya harus menjualnya?

Kedua pertanyaan ini masing-masing memiliki beban yang sama dalam menentukan berhasil tidaknya seorang direct sales. Maka oleh karena itu mari kita coba mencari jawaban dari kedua pertanyaan mendasar tersebut.

Saya harus memulai dari mana?

Hal termudah bagi seorang direct sales adalah menggolongkan tipe-tipe market yang dimilikinya, beberapa tipe tersebut adalah:

Hot market

Tipe market ini adalah market yang memiliki kaitan dengan relasi keluarga, dimana hubungan antara target market dan direct sales sangat dekat sekali. Tipe market ini sangat sarankan untuk bagi seseorang yang memulai karirnya di bidang direc sales, hal ini dikarenakan pola komunikasi dan kebutuhan akan target market sudah diketahui sebelumnya. Sehingga akan sangat mudah bagi direct sales pemula untuk melakukan penjualan.

Warm market

Tipe market warm biasanya di kategorikan dengan relasi-relasi yang dikenal cukup baik dilingkungan network direct sales. Relasi ini dapat digolongkan sebagai sahabat / temen dekat, rekan kerja, atau sosialisasi dilingkungan sekitarnya. Melakukan penjualan terhadap warm market tidak semudah terhadap hot market. Seorang direct sales setidaknya harus memiliki pengalaman sales skills baik dan melakukan komunikasi yang cukup baik didalam melakukan penjulan untuk tipe market ini.

Cold market

Untuk seseorang yang baru pertama kali bergabung di dunia direct sales sebaiknya menghindari penjualan ke tipe market ini. Cold market adalah pangsa pasar yang dimana direct sales tidak mengenal sama sekali siapa calon marketnya, sehingga tidak mudah bagi dia untuk melakukan penjualan dikarenakan dibutuhkan sales skills yang sangat baik dan pola komunikasi yang sangat profesional.


Bagaimana cara mendapatkan target market yang tepat?

Untuk menjadi seorang profesional direct sales maka kita harus paham betul siapa calon nasabah kita sesungguhnya. Kepada siapa kita akan melakukan penjualan, bagaimana karakter calon nasabah kita, besar pangsa pasar dan letak calon nasabah itu sendiri. Mendapatkan calon nasabah yang tepat sangatlah penting, hal ini dikarenakan probabilita keberhasilan penjualan akan sangat tinggi, disamping itu dengan mengenal baik tipe calon nasabah kita maka biaya, proses penjualan dan waktu dapat di tekan seminimal mungkin agar menjadi lebih efektif dan efisien.

Beberapa cara untuk mendapatkan target market yang tepat yakni:

· Buatlah test kecil pada saat melakukan proses penjualan;

Klasifikasikan target market berdasarkan Demographic Level (umur, pendapatan, pendidikan, status dan jenis kelamin) dan Psychographic Level (gaya hidup, kelas social, aktifitas dan minat, sikap dan kepercayaan). Fungsi klafikisai ini sangat membantu dalam menggolongkan tipe-tipe calon nasabah untuk menjadi lebih spesifik yang sesuai dengan kriteria calon nasabah yang sesuai dengan kemampuan direct sales, sehingga mempermudah direct sales untuk menentukan calon nasabah yang tepat.

· Lakukan sebuah fit and proper test antara kamu dengan calon nasabah yang kamu temui.

Lakukan sebuah test dengan bertemu berbagai macam karakter dari calon nasabah yang dimiliki oleh direct sales. Dari beberapa pertemuan itu cobalah untuk melakukan beberapa cara proses penjualan yang berbeda dengan beberapa tipe calon nasabah untuk mengetahui proses penjualan yang paling sesuai dan fit buat calon nasabah.

· Samakan tingkat selling skill yang kalian miliki dengan karakter calon nasabah berdasarkan:

§ Communication Style: samakan gaya bahasa yang digunakan pada saat berjualan antara direct sales dan calon nasabah.

§ Understanding Point of View: pastikan dalam penyampaian informasi dari kebutuhan dan permintaan antara direct sales dan calon nasabah sudah sejalan.

§ Flexibility: Dalam proses berjualan kepada calon nasabah cobalah lebih flexible didalam melakukannya, hal ini untuk mempermudah ruang gerak direct sales dalam memahami keinginan membeli calon nasabah yang sebenarnya.

· Ciptakan network atau market social berdasarkan dari calon nasabah yang tepat.

Menciptakan network atau market social yang potensial dan sesuai dengan yang dibutuhkan untuk dijadikan sebagai target calon nasabah nantinya, sama seperti membuat sebuah ladang kebun yang siap untuk dipanen kapanpun. Maka dengan cara mengadakan gathering atau regular event yang sesuai dengan minat nasabah baik yang telah membeli produk anda atau masih sebagai calon nasabah nantinya, maka hal ini akan menciptakan probability pangsa pasar (nasabah baru) yang semakin membesar dan tiada habisnya.

1 comment:

  1. Nama saya Ahmed Gloria, saya dari Indonesia, saya di sini untuk bersaksi bagaimana saya mendapat pinjaman saya selama 2% dari Ibu Cahya Kirana,. Tidak ada yang terjadi untuk apa-apa, tidak ada yang terjadi secara kebetulan, ada tangan tak terlihat di affiars dari setiap hubungan dan bahwa tangan tak terlihat mendorong takdir ilahi kita, membawa kita ke tujuan. bahwa kita, dan bagaimana saya diarahkan untuk jenis hati manusia dari Tuhan. dia memang Tuhan yang dikirim kepada saya dan kehidupan keluarga saya, namanya adalah KASIH BAMBANG setelah foold dan ditipu oleh leanders pinjaman palsu di sini di internet, Allah mengarahkan saya untuk dia, tapi semua berkat Tuhan hari ini saya dan keluarga saya telah mampu untuk menghapus utang kami dan kami memiliki sekali lagi ditemukan hapiness dalam hidup kita, sehingga saudara-saudara saya harap berhati-hati, tapi saya akan menyarankan bahwa jika Anda membutuhkan pinjaman hari menghubunginya dan saya asure Anda hapiness itu dan tersenyum pada wajah Anda akan akan porsi Anda semua hidup Anda Jika Anda melewati situasi keuangan, menghubunginya melalui email di cahya.creditfirm@gmail.com, Anda juga dapat menghubungi saya di Email ini ,,, ahmedgloria.2012@gmail.com

    ReplyDelete